Ada beberapa istilah yang pasti kita akan jumpai dalam kode pemrograman, beberapa diantaranya yaitu :
Adalah urutan operator dan operand yang melakukan kombinasi dari tindakan berikut, menghitung nilai menetapkan objek maupun fungsi, membuat efek/dampak.
1. Tipe Data
Tipe data adalah jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer. Setiap nilai yang ada dalam kode program, sebaiknya kita tentukan dengan pasti tipe datanya. Salah satu tugas penting seorang programmer adalah memilih tipe data yang sesuai untuk menghasilkan program yang efisien dan berkinerja tinggi. Beberapa pembagian tipe data adalah sebagai berikut :
Penjelasan mengenai tipe data :
a. Primitive
Tipe data primitive adalah tipe data dasar yang tersedia secara langsung pada suatu bahasa pemrograman.
b. Composite
Tipe data composite adalah tipe data bentukan yang terdiri dari dua atau lebih tipe data primitive.
Tugas :
Jelaskan pengertian beserta contohnya dari pembagian 2 tipe data di atas (yaitu primitive dan composite). Ditulis dikertas satu lembar ditulis nama dan kelas!
2. Variabel
Variabel adalah suatu tempat dimana kita dapat mengisi atau mengosongkan nilainya dan memanggil kembali apabila dibutuhkan. Setiap variabel akan mempunyai nama (identifier) dan nilai.
Dari ilustrasi di atas dapat kita sebutkan bahwa variabel itu dapat digambarkan sebagai sebuat kotak/kontainer penyimpanan yang menampung sebuah nilai, yang bisa dirubah sesuai dengan kebetuhannya.
Contoh :
Identifier | Nilai | Tipe Data |
---|---|---|
kode_brg | B0001 | Char |
nama_brg | Buku Tulis | Char |
harga_brg | 3000 | Num |
stok_brg | 100 | Num |
keterangan_brg | Baik | Char |
Pada sebagian besar bahasa pemrograman, variabel harus dideklarasikan lebih dulu untuk mempermudah compiler bekerja. Apabila variabel tidak dideklarasikan maka setiap kali compiler bertemu dengan variabel baru Pemberian nama variabel harus mengikuti aturan yang ditetapkan oleh bahasa pemrograman yang kita gunakan.
3. Konstanta
Konstanta adalah variabel yang nilai datanya bersifat tetap dan tidak bisa diubah. Jadi konstanta adalah juga variabel bedanya adalah pada nilai yang disimpannya. Jika nilai datanya sepanjang program berjalan tidak berubahubah, maka sebuah varibel lebih baik diperlakukan sebagai konstanta.
Sebagai contoh, jika kita membuat program perhitungan matematik yang menggunakan nilai phi (3.14159) yang mungkin akan muncul dibanyak tempat pada kode program, kita dapat membuat phi sebagai konstanta. Penggunaan konstanta pi akan lebih memudahkan penulisan kode program dibanding harus mengetikkan nilai 3.14159 berulang-ulang.
4. Operator
Operator merupakan simbol atau karakter yang biasa dilibatkan dalam program untuk melakukan sesuatu operasi atau manipulasi, seperti penjumlahan, pengurangan dan lain lain. Operator terbagi dua, yaitu :
- Operator Aritmatik, yaitu operator yang terdiri dari perhitungan matematika/aritmatik.
- Operator Logika, yaitu operator yang terdiri dari fungsi logika.
Operator mempunyai sifat sebagai berikut :
Sifat Operator | Definisi | Contoh |
---|---|---|
Unary | Sifat Unary pada operator adalah hanya melibatkan sebuah operand pada suatu operasi aritmatik | -5 |
Binary | Sifat Binary pada operator adalah melibatkan dua buah operand pada suatu operasi aritmatik | 4 + 8 |
Ternary | Sifat Tenary pada operator adalah melibatkan tiga buah operand pada suatu operasi aritmatik | (10 % 3) + 4 + 2 |
5. Operand
Operand adalah nilai asal yang digunakan didalam proses operasi, sedangkan operator adalah instruksi yang diberikan untuk mendapatkan hasil dari proses tersebut.
6. Ekspresi