Definisi, Manfaat Dan Struktur Dasar Pada Pemrograman

Apa itu pemgrograman?

Dilansir dari Wikipedia, pemrograman atau programming adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau "pekerjaan" sesuai dengan keinginan pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika. 

Pemrograman adalah suatu cara dalam membuat satu atau menghubungkan lebih dari satu algoritma dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu program komputer. Ada banyak bahasa pemrograman yang dapat digunakan seperti bahasa C, C++, Java, Phyton, dan lain-lain. Setiap bahasa memiliki gaya yang berbeda-beda dalam penggunaannya sehingga memiliki gaya pemrograman yang berbeda pula. Orang yang pandai atau yang menggunakan bahasa pemrograman sering disebut seorang Pemrogram atau Programmer.


Beberapa alasan mengapa kita perlu belajar programming?

  1. Pemgrograman membangun kemampuan berfikir dan keterampilan yang berguna untuk mempelajari bidang-bidang lainnya seperti matematika, sains, penyelesaian persoalan, bekerja dalam tim, pembelajaran berbasis proyek, seni kreatif, dan banyak lagi. Seperti yang dikatakan oleh Steve Jobs (pencipta komputer apple, yang sangat terkenal): "Coding mengajari Anda cara berpikir."
  2. Belajar pemrograman sama bergunanya seperti belajar bahasa asing. Semakin awal kita memulai belajar suatu bahasa asing, makin mudah untuk mempelajari dan menguasai bahasa asing tersebut. Bedanya ialah bahwa bahasa pemrograman dirancang agar kita dapat memerintahkan komputer melakukan apa yang kita rancang. 
  3. Zaman sekarang, dan di masa mendatang, diprediksi akan banyak sekali lapangan kerja yang membutuhkan kemampuan programming di seluruh dunia. Pemrograman komputer mengajarkan keterampilan praktis yang relevan dengan pasar tenaga kerja saat ini dan masa mendatang. 
  4. Pertumbuhan kebutuhan tenaga kerja di bidang lain yang membutuhkan kemampuan programming selalu meningkat. Jika kita mampu memprogram, kita akan mudah bekerja di mana pun. 
  5. Informatika adalah ilmu yang terpakai di semua bidang karena semua bidang akan membutuhkan komputer. Komputasi menggerakkan hampir setiap industri dari pendidikan hingga pertanian, dari hukum hingga bisnis, dan dari konstruksi hingga obat-obatan. Perangkat lunak (program komputer) berada di balik semua ini. 

Mengenal dasar pemgrograman

Ada beberapa istilah yang perlu kita kenal ketika mempelajari tentang pemrograman, yaitu sebagai berikut :

Algoritma

Algoritma adalah suatu langkah atau metode yang telah direncanakan secara matang sehingga terurut dan terorganisir dengan baik dan biasanya digunakan untuk memecahkan suatu masalah dengan memberikan suatu instruksi sehingga menjadi suatu tindakan.

Contoh penggunaan dari algoritma dalam mencari bilangan ganjil atau genap. Untuk penulisan algoritma bisa ditulis seperti berikut ini :
Langkah 1 : Tentukan bilangan bulat/angka (terserah)
Langkah 2 : Bagi (mod) angka tersebut dengan 2 apabila sisa hasil baginya habis, maka bilangan tersebut genap, sedangkan jika tidak habis maka bilangan tersebut ganjil.
Langkah 3 : Jenis bilangan diperoleh

Pseudocode

Pseudocode secara harfiah berarti "kode semu". Maksudnya, pseudocode adalah sebuah cara penulisan program yang informal dan dapat dibuat dengan kaidah yang ditentukan sendiri. Dengan kata lain, pseudocode merupakan urutan logika yang bertujuan untuk dipahami manusia dengan mudah. Secara umum pseudocode juga tidak memiliki ketentuan pasti dalam menentukan notasi/penulisannya. Meski begitu, ada beberapa notasi yang banyak digunakan, seperti: 
  • INPUT – Notasi ini dimaksudkan untuk memasukkan sesuatu, seperti navigasi klik atau button. 
  • OUTPUT – Ini adalah hasil atau keluaran dari input dan proses. Output akan menampilkan sesuatu. 
  • WHILE – Ini merupakan proses yang terjadi dalam sistem. While termasuk dalam bentuk perulangan.
  • IFTHENELSE – Notasi ini masuk dalam kategori bentuk percabangan.
  • CASE – Bentuk generalisasi dari IF – THEN – ELSE REPEAT – UNTIL – Sebuah keputusan (decision), di mana bagian ini pilihan dibuat.
Contohnya penggunaan pseudocode mencari bilangan ganjil atau genap dengan penulisan sebagai berikut :


Flowchart

Flowchart atau bagan alur adalah diagram yang menampilkan langkah-langkah dan keputusan untuk melakukan sebuah proses dari suatu program. Setiap langkah digambarkan dalam bentuk diagram dan dihubungkan dengan garis atau arah panah. Flowchart berperan penting dalam memutuskan sebuah langkah atau fungsionalitas dari sebuah proyek pembuatan program yang melibatkan banyak orang sekaligus. 

Selain itu dengan menggunakan bagan alur proses dari sebuah program akan lebih jelas, ringkas, dan mengurangi kemungkinan untuk salah penafsiran. Penggunaan flowchart dalam dunia pemrograman juga merupakan cara yang bagus untuk menghubungkan antara kebutuhan teknis dan non-teknis.

Simbol-simbolnya adalah sebagai berikut :

Contoh penggunaan flowchart alur untuk mencari bilangan ganjil atau genap :


Setelah memahami penjelasan di atas maka, untuk lebih memahaminya kita akan buat contoh ilustrasi program sederhana berikut ini : Contoh program sederhana.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama